Home » Uncategorized » 6 kelebihan iPhone dibanding android phone
iphone vs android phone

6 kelebihan iPhone dibanding android phone

iphone vs android phone

IPhone adalah salah satu perangkat buatan perusahaan Apple yang menaungi beberapa produk lainnya seperti iPad, MacBook, MacMini, Machintosh. Apple menggunakan sistem operasi buatan mereka sendiri yaitu iOS di iPhone dan iPad, dan sistem operasi MacOS di macPC, macMini, dan macBook. Untuk beberapa pengguna memang mengalami beberapa kesulitan atau lebih tepatnya kesulitan dalam beradaptasi apalagi jika migrasi dari android. Nah apa saja kelebihan iPhone dianding android phone? Mari kita simak 

1. Keamanan Tinggi

Iphone dengan iOS-nya menawarkan keamanan data yang sangat ketat bagi peggunanya, hingga kita tak bisa menginstal aplikasi selain dari AppStore milik apple. Hal ini meminimalisir aplikasi- aplikasi jahat yang dapat mencuri data maupun aplikasi sampah yang memberatkan sistem operasi. Tak heran banyak orang menggunakan iphone dengan alasan keamanan datanya yang sangat terjamin. Jika dibandingkan dengan Android, kita masih bisa melakukan instalasi paket aplikasi menggunakan paket file instalasi yang kita download dari internet (APK).

2. Stabilitas sistem operasi

Stabilitas sistem operasi juga sangat mempengaruhi minat konsumen terhadap ponsel pintar. Apple mengembangkan sistem operasi khusus utuk perangkat mereka sendiri jadi bisa mengoptimalkan hardware yang disematkan. Jumlah perangkatnya pun terbatas, baik dari model dan serinya. Berbeda dengan Android yang dibuat oleh Google, variasi hardware sangat banyak yang dibuat oleh banyak vendor pula. Sebutlah Samsung, Xiaomi, Hawei, Oppo, Vivo, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang mengakibatkan Android sulit untuk mengoptimalkan hardware smartphone.

3. Manajemen aplikasi yang bagus

Pernahkah berpikir kenapa iphone tak pernah menyebutkan berapa RAM yang disematkan dalam perangkatnya? atau kenapa perangkat berharga puluhan juta ini hanya memiliki RAM 2GB sementara android dengan harga serupa memiliki RAM 8GB atau lebih?

Inilah kelebihan iPhone dengan sistem operasi iOS nya. Mereka memiliki manajemen memori yang sangat baik sehingga dengan RAM yang bisa dikatakan kecilpun aplikasi dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun. Hal ini juga diakibatkan oleh Apple yang sangat ketat memberikan persyaratan aplikasi yang akan dimasukkan ke AppStore untuk dapat berjalan di perangkat iPhone jadul sekalipun. 

4. Perangkat keras yang beberapa tahun lebih maju

Bisa dikatakan perangkat iPhone tidak ada yang murah. Hal ini dapat kita lihat dari rincian perangkat keras atau hardware yang memiliki spesifikasi tinggi. Katakanlah kamera dan media penyimpanannya. Iphone 8 yang notabene dirilis tahun 2017, memiliki kualitas kamera yang tak kalah dibanding smartphone Android yang dirilis tahun 2020.

Dari segi durabilitas perangkat keraspun iPhone masih jauh unggul, sehingga tak khayal iPhone tahun 2017 masih layak digunakan di tahun 2021 tanpa ada masalah berarti. Bandingkan dengan perangkat Android yang berumur 3 tahun akan terasa sudah sangat usang.

5. Purna jual yang baik

Tak bisa dipungkiri saat ini perangkat iPhone jadul pun masih banyak diperjualbelikan di toko maupun marketplace. perangkat yang berumur 2 tahun pun masih banyak diminati masyarakat bahkan dengan harga yang tinggi.

6. Konsisten dalam desain

Apple dikenal sanat konsisten dalam desain perangkatnya termasuk dalam perangkat iPhone. Katakanlah iPhone 6 sampai iPhone 8 yang memiliki desain hampir sama. Begitu pula dalam macBook yang sulit membedakan keluaran 2012 dan 2014.

Nah segitu dulu ulasan dari saya, jika ada masukan silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih sudam membaca artikel sederhana ini 

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *