Home » tutorial » Rumus dasar Excel atau spreadsheet serupa
Excel spreadsheet

Rumus dasar Excel atau spreadsheet serupa

RUMUS EXCEL- MIN

Kebalikan dari MAX, rumus MIN digunakan untuk mencari nilai terendah dari sebuah baris atau kolom. Rumus penggunaannya adalah : =min (range awal : range akhir). Contohnya:

rumus excel min

RUMUS EXCEL- VLOOKUP

Fungsi dari rumus Excel VLOOKUP adalah untuk mengambil data berdasarkan sel referensi yang diberikan. Jika dalam bidang database, VLOOKUP ini seperti proses relasi antara primary key dan foreign key. Rumus penggunaannya adalah: =VLOOKUP(nilai_yg_akan_dicari; tabel_referensi; kolom_yg_akan_dkembalikan_nilainya).

Mari kita coba.

Rumus excel vlookup   Penjelasan: Tabel di atas nilai yang akan dicari adalah kode jabatan, kemudian tabel referensinya ada di E3:F4, dan nilai yang akan dikembalikan ada di kolom nomor 2 di tabel jabatan (kolom jabatan) 

RUMUS EXCEL- IF

Rumus IF dalam excel fungsinya sama dengan IF di bahasa pemrograman pada umumnya. Fungsinya untuk membuat percabangan keputusan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Fungsi IF dalam Excel sendiri juga dapat dibuat single dan dapat dibuat bertingkat.

Rumus penggunaannya adalah: =IF(Nilai_referensi; output_jika_benar; output_jika_salah).

Contoh kasus untuk membuat predikat huruf. Jika nilainya antara 90-100 maka predikatnya A, jika nilainya antara 80-90 maka predikatnya B, Jika di bawah 80 maka predikatnya C.

Rumus Excel IF bertingkat

Nah, gampang kan?

Sekian artikel ini, akan senang sekali kalau kamu meninggalkan komentar di post ini. Terima kasih.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *