Home » artikel tekno » Perbedaan seri samsung galaxy J, A, S, M dan Note

Perbedaan seri samsung galaxy J, A, S, M dan Note

Samsung adalah salah satu brand pionir dalam menjadikan Android sebagai sistem operasi perangkatnya. Jika kita ingat- ingat beberapa tahun lalu tentu tidak asing dengan Galaxy Young yang pernah menjadi primadona anak sekolah maupun mahasiswa. Bersama Galaxy Young ini Samsung menjadi brand yang mampu melawan dominasi Nokia dengan Symbian-nya.

Setelah itu muncullah beberapa perbedaan seri Samsung dengan peningkatan spesifikasi dan tampilan yang variatif. Seri smartphone Samsung sampai saat ini yang kita kenal adalah Seri Galaxy J, Seri Galaxy A, Seri Galaxy S, dan baru- baru ini Samsung merilis seri Galaxy M. Apa perbedaan seri samsung tersebut? Mari kita bahas secara keseluruhan mulai dari perkembangan masing- masing seri nya.

Samsung Galaxy J Series

Samsung Galaxy J adalah seri Samsung yang menargetkan entry level atau menengah ke bawah. Dengan bahasa lebih mudah kita dapat menterjemahkan bahwa Samsung Galaxy J series disediakan bagi mereka yang hanya membutuhkan fungsi dasar dari smartphone seperti telefon, SMS, sosial media, dan aplikasi ringan. Dengan spesifikasi seperti ini Samsung Galaxy J series dibandrol dengan harga cukup terjangkau, versi terendah ada di kisaran satu jutaan. Smartphone seri ini cocok bagi bapak- bapak untuk berkomunikasi dengan grup RT / komplek perumahan, atau untuk ibu-ibu agar bisa tau gosip terbaru :D.

Meski secara spesifikasi hardware seri J tidak terlalu tinggi, namun ada beberapa Samsung Galaxy J yang memberikan spesifikasi kamera cukup bagus untuk selfie dan kebutuhan fotografi harian. Anggota keluarga Samsung Galaxy J series adalah J1, J2 Prime, J3, J4, J5, J6, J7 Pro, dan terakhir adalah J8.

Samsung Galaxy A Series

perbedaan seri samsung

Samsung Galaxy A adalah seri dari Samsung yang dibuat untuk para anak muda. Spesifikasi yang ditawarkan ada di atas Samsung Galaxy J series, dan ada di bawah Samsung Galaxy S series. Teknologi- teknologi mutahir juga disematkan pada seri ini seperti fingerprint, NFC, dll. Dari segi desain Samsung Galaxy A series lebih mewah dari Samsung Galaxy J series dimana bodi nya terbuat dari metal dan bahkan ada yang tahan air.

Harga seri ini yang terendah ada di 2 jutaan dan telah memiliki fitur dan teknologi terbaru. Anggota keluarga Samsung Galaxy A series antara lain A3, A5, A7 (2016 & 2017), A8, A9, A70, dsb

Samsung Galaxy S Series

perbedaan seri samsung

Samsung Galaxy S adalah flagship atau produk unggulan dari brand Samsung. Tak heran jika teknologi terbaru disematkan pada seri ini. Dari spesifikasi hardware varian ini menawarkan hardware tertinggi seperti kecepatan prosesor, RAM, teknologi layar, dan kamera. Samsung Galaxy S series menyasar kalangan menengah ke atas dengan budget yang tinggi.

Pertama kali diperkenalkan adalah Samsung Galaxy S pada tahun 2010. Kesuksesan ini kemudian dilanjutkan dengan rilis generasi berikutnya yaitu Samsung Galaxy S-II, S-III, S4, S5, S6, S7, S8, S9, dan terakhir adalah S10. Galaxy S series inilah yang selalu disandingkan sebagai rival abadi iPhone.

Samsung Galaxy M series

Samsung Galaxy M adalah peleburan antara Galaxy J dan Galaxy C. Rumornya seri J akan digantikan dengan seri M di kemudian hari.

Perbandingan Spesifikasi

Tidak fair rasanya jika pembahasan ini tidak disertai dengan perbandingan spesifikasi hardware masing- masing seri yang dirilis pada tahun yang sama.

Spek/ Seri J4+ A6 S9
Rilis 10/2018 5/2018 3/2018
CPU MSM8917 Snapdragon 425

Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53

Exynos 7870

Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53

Exynos 9810

Octa-core 4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55

GPU Adreno 308 Mali-T830 MP1 Mali-G72 MP18
RAM/Storage 2/16, 3/32 3/32, 4/64 4/(64/128/256)
Kamera R: 13 MP, f/1.9, 28mm

F: 5 MP, f/2.2mm

R: 16 MP, f/1.7, 26mm

F: 16 MP, f/1.9, 26mm

R: 12 MP, f/1.5-2.4, 26mm

F: 8 MP, f/1.7, 25mm

Layar IPS 720 x 1480 pixels @ 6 inci SAMOLED 720 x 1480 @ 5,6 inci SAMOLED 1440 x 2960 @ 5,8 Inci
Jaringan GSM / HSPA / LTE GSM / HSPA / LTE GSM / HSPA / LTE / EVDO
Harga

Dari perbandingan di atas ada sebutan untuk masing- masing seri Galaxy:

  • Galaxy J = Jelata
  • Galaxy A = Antara J & S
  • Galaxy S = Sultan

nah setelah membaca artikel ini, moga sedikit membantu kamu dalam memilih smartphone samsung. Terima kasih telah membaca artikel ini. Tinggalkan komentar dan share artikel ini jika dirasa bermanfaat. 🙂

Content Protection by DMCA.com
Selamat membaca

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.