Home » artikel tekno » Pengertian USB type C dan kelebihannya
usb type c
usb type c adalah

Pengertian USB type C dan kelebihannya

Pernahkan kamu menjumpai bentuk konektor yang tidak biasa di smartphone atau gadget? Nah mungkin itu adalah usb type C. Perkembangan teknologi dan kebutuhan bertukar data yang semakin tinggi adalah faktor utama yang mengakibatkan evolusi konektor baik secara fisik maupun fungsional. Untuk mengetahui bentuk USB type C mari lihat gambar di bawah ini.

usb type c

Ciri-ciri USB type-C

USB type-C memiliki ciri bentuknya yang pipih dan tidak memiliki sudut di keempat sisinya. Selain itu jika dilihat ke dalam konektor, akan terlihat lebih banyak pin dibandingkan dengan jenis micro-USB. Secara otomatis fungsionalitas USB type-C juga lebih mimpuni jika dibandingkan pendahulunya. Dengan bentuk yang ringkas dan fungsionalitas yang tinggi inilah USB type-C menjadi andalan beberapa flagship smartphone dan perangkat komputer jinjing yang mengutamakan kesederhanaan bentuk.

Kelebihan USB type C

Inovasi baru tentu saja membawa sebuah kemajuan yang  baru pula. Jenis USB ini adalah penyempurnaan dari micro-USB yang telah lama kita kenal. Secara fisik USB type-C memiliki kelebihan dimana pemasangannya bisa dibolak- balik, jadi tak usah khawatir terbalik dalam pemasangan ke perangkat. Secara fungsionalitas type-C mampu mengalirkan data dengan sangat cepat bahkan sampai 10Gbps. Dengan jumlah konektor dan kemampuan transfer data ini type-C mampu dipasangkan dengan USB 3.1 (USB warna biru) dan dapat memberikan akses data kecepatan maksimal jika melakukan transfer data dengan flash disk USB 3.

——————————————————————————————————————————-

Untuk saat ini saya juga memakai type-c pada smartphone Mi-4c yang saya gunakan. Dan terbukti transfer data yang dilakukan bisa sangat cepat bahkan ketika memakai OTG.

Sekian artikel ini mudah-mudahan memberikan gambaran tentang perkembangan konektor yang ada di sekitar kita. Jangan lupa tinggalkan komentar untuk berbagi pengalaman. 🙂

Content Protection by DMCA.com
loading...

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.