Home » tutorial » Rumus dasar Excel atau spreadsheet serupa
Excel spreadsheet

Rumus dasar Excel atau spreadsheet serupa

Ketika berurusan dengan data angka pastinya butuh dong dengan rumus dasar excel. Microsoft Excel adalah salah satu pengolah angka yang populer. Selain itu ada produk dari Open office, Libre Office, WPS Office, Polaris Office dll. Biasanya tampilan menyerupai tabel yang sagat banyak. Kotak- kotak itulah yang dinamakan sel (cell). Di bawah ini saya rangkum beberapa rumus atau formula yang umum digunakan dalam perhitungan sehari- hari. Yuk disimak.

RUMUS EXCEL- SUM

Formula SUM berfungsi untuk menjumlahkan deretan baris atau kolom tertentu. Rumus atau formula penggunaannya adalah : =sum (baris awal : baris akhir). Contoh :

rumus excel sum


RUMUS EXCEL- AVERAGE

Average adalah rumus dasar excel untuk mencari nilai rata- rata. Rumus atau formula penggunaannya adalah : =average (baris awal : baris akhir). Contoh:

rumus excel average


RUMUS EXCEL- RANK

Rank adalah rumus excel yang berfungsi untuk mencari ranking dari tiap baris/kolom. Rumus atau formulanya adalah : =rank (angka yang akan diranking ; referensi ; urutan). Contohnya:

rumus excel rank
Perhatikan pada rumus di atas menggunakan simbol “$”. Simbol tersebut digunakan untuk nilai absolut, artinya nilai referensi adalah tetap jika dilakukan drag cell untuk melakukan perhitungan rumus secara otomatis. Cobalah praktikkan antara menggunakan simbol $ dan tidak menggunakan simbol $ agar terlihat perbedaannya.


RUMUS EXCEL- MAX

Rumus max adalah rumus excel yang berfungsi untuk mencari nilai maksimal. Rumus penggunaannya adalah : =max (range awal : range akhir). Contohnya:

rumus excel max


RUMUS EXCEL- MIN

Kebalikan dari MAX, rumus MIN digunakan untuk mencari nilai terendah dari sebuah baris atau kolom. Rumus penggunaannya adalah : =min (range awal : range akhir). Contohnya:

rumus excel min

Nah, gampang kan?

Sekian artikel ini, akan senang sekali kalau kamu meninggalkan komentar di post ini. Terima kasih.

loading...

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *