Home » pendidikan » Perkembangan multimedia pembelajaran

Perkembangan multimedia pembelajaran

multimedia pembelajaran

Artikel ini akan membahas tentang perkembangan multimedia pembelajaran beserta faktor pendorong maupun faktor penghambat perkembangannya. Bagi yang belum mengenal media pembelajaran, silakan klik disini untuk membaca tentang media pembelajaran. Mari kita bahas dengan beberap pertanyaan berikut ini:

Bagaimana perkembangan multimedia pembelajaran sekarang?

Perkembangan media pembelajaran saat ini sudah sangat pesat. Bisa kita rasakan perbedaan tahun 1997 dan 2017. Tahun 1997 atau 20 tahun yang lalu media pembelajaran yang banyak digunakan masih berupa poster, tape, dan paling canggih adalah OHP. Saat ini di tahun 2017 media pembelajaran elektronik berkembang dengan pesat dan terus berkembang seiring perkembangan teknologi. Sebut saja yang terbaru adalah media pembelajaran yang mengangkat augmented reality dan virtual reality.

Apa faktor penghambatnya?

Faktor penghambat perkembangan media dapat dilihat dari 3 sisi yaitu dari sisi guru, siswa, dan sarana.

1. Guru

Guru yang tidak update dan tidak memperbarui kelilmuannya akan cenderung menggunakan media- media konvensional seperti ceramah dan mencatat dalam proses pembelajarannya. Hal ini juga disebabkan karena kurangnya kemampuan guru dalam mengadopsi teknologi. Bahkan ketika beberapa minggu lalu saya mengikuti telekonferens dengan DITPSMK, beliau menyampaikan akan segera mengadopsi augmented reality di SMK, langkah awalnya adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru dan kemudian setiap guru harus mampu membawa dan membuat media pembelajaran berbasis AR di dalam proses pembelajarannya.

2. Siswa

Ada bermacam tipe siswa dilihat dari kemampuan dalam menggunakan teknologi dan kemampuan ekonomi. Kemampuan ekonomi akan berpengaruh pada perkembangan media pembelajaran terutama pada sekolah kejuruan bidang teknologi. Ketersediaan komputer dan akses informasi menjadi hal yang vital misalnya untuk membuka slide yang telah disampaikan guru untuk dipelajari kembali di rumah atau untuk menjalankan media pembelajaran yang diberikan guru untuk dipelajari.

3. Sarana

Sarana di pendidikan formal cukup penting untuk mendukung perkembangan multimedia pembelajaran. Guru akan lebih mudah menggunakan “multi”media dalam pembelajaran jika fasilitas di lembaga pendidikan tersebut memadahi misalnya dengan adanya LCD Proyektor, atau komputer dengan spesifikasi memadahi.

Apa faktor pendukungnya?

1. Perkembangan internet yang kecepatannya memadahi dan mudah diakses

2. Semangat siswa untuk menggunakan teknologi dan belajar

3. Kemampuan guru dalam menyajikan multimedia dalam pembelajaran

4. Ketersediaan sarana dan prasarana yang memadahi baik yang dimiliki siswa, guru, maupun lembaga pendidikan.

5. Adanya dukungan dari pemerintah baik pusat maupun daerah untuk pegembangan multimedia pembelajaran yang baik

Berikan contoh MPI yang tidak efektif!

Contohnya media pembelajaran yang dibuat hanya menyalin teks dalam buku dan diletakkan di media pembelajaran dan tampilan yang disajikan hanya teks berwarna hitam dengan latar belakang putih. MPI yang mahal dan sulit didapat juga tidak efektif mengingat media tersebut harus digunakan oleh setiap siswa.

loading...

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *