Home » pendidikan » Pengertian media, dan media pembelajaran

Pengertian media, dan media pembelajaran

1. Pengertian Media

Manusia adalah makhluk sosial sehingga dalam kehidupan sehari- hari manusia memerlukan komunikasi untuk bersosialisasi dengan manusia lain. Berkaitan dengan ilmu komunilkasi, Shanon dan Weaver dalam Fiske (2012:10) mengungkapkan elemen- elemen komunikasi yaitu sumber, pengirim, sinyal (pesan), kanal (media), penerima, destinasi, dan gangguan (noise). Terdapat kanal (media) yang diperlukan untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima pesan.

Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium. Secara harfiah menurut Dina Indriana (2011:13) media berarti perantara, yaitu perantara antara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Sedangkan menurut Sadiman (2002:6) Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehinga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.

Dari beberapa pendapat ahli di atas dapat disimpulkan bahwa media merupakan segala sesuatu yang dapat mengantarkan sebuah informasi dari pengirim menuju penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat si penerima. Titik tekan pada penelitian ini ada pada bagian saluran komunikasi atau media. Media berperan menyampaikan pesan atau informasi dari pengirim pesan ke penerima pesan. Mengembangkan media yang baik merupakan salah satu upaya strategis untuk mengurangi hilangnya sebagian informasi yang disampaikan oleh pengirim. Media juga harus mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sehingga proses belajara terjadi dengan baik. Semakin banyak saluran media yang digunakan, semakin banyak pula rangsangan yang diberikan kepada siswa sehingga informasi yang diberikan menjadi lebih konkret seperti yang digambarkan pada kerucut pengalaman Edgar Dale (gambar 1). Hal ini membuat informasi lebih mudah dimengerti oleh siswa.

2. Media Pembelajaran

Pembelajaran merupakan suatu rangkaian terpadu dari berbagai elemen. Seluruh proses baik itu berupa metode mengajar maupun pengalaman dalam belajar berpengaruh pada proses pembelajaran. Menurut Daryanto (2011:4), pada hakikatnya, proses belajar mengajar adalah proses komunikasi, penyampaian pesan dari pengantar ke penerima. Pesan berupa isi atau ajaran yang dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi baik secara verbal maupun nonverbal. Proses tersebut dinamakan encoding. Penafsiran simbol-simbol komunikasi tersebut oleh peserta didik dinamakan decoding.

Azhar Arsyad (2012:3) mengatakan bahwa secara lebih khusus pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat- alat grafis, fotografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.

Menurut Dwi Siswoyo (2011:146) Media pembelajaran merupakan salah satu dari alat pendidikan yang secara langsung membantu terwujudnya pencapaian tujuan pendidikan. Media pembelajaran tersebut besifat materi atau sering disebut hardware dapat berupa alat peraga, laboratorium, papan tulis, OHP, proyektor, dan sebagainya.

Menurut Dina Indriana (2011:22) Media pengajaran merupakan wadah dari pesan (materi pembelajaran) yang ingin disampaikan oleh guru kepada murid, yang bertujuan mencapai proses pembelajaran yang aktif dan efisien.

Sedangkan National Education Association seperti dikutip AECT (1979) mendefinisikan media dalam lingkup pendidikan sebagai segala benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang dipergunakan untuk kegiatan tersebut (Miarso, 2004: 457).

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan segala metode atau alat yang berhubungan dengan cara penyampaian suatu informasi dari penyampai informasi kepada penerima informasi yang dapat berupa simbol verbal maupun non verbal. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Di era teknologi saat ini, media pembelajaran sudah memasuki era “multi media” yang berarti dalam satu media pembelajaran dapat berisi lebih dari satu jalur media misalnya audio visual. Bentuk media pembelajaran juga sangat bervariasi mulai dari alat peraga sederhana sampai simulasi alat yang dapat dijalankan dalam komputer.

Content Protection by DMCA.com
loading...

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *