Home » pendidikan » Pengertian belajar dan pembelajaran

Pengertian belajar dan pembelajaran

Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk yang paling sempurna dengan dibekali akal, pikiran, perasaan, dan nafsu. Sejak dilahirkan manusia sudah mulai menjalani proses belajar. Proses belajar dimulai dari hal yang paling sederhana misalnya belajar untuk minum, belajar untuk berbicara, belajar untuk berjalan dan seterusnya. Proses belajar itu tidak berhenti sampai manusia menemui ajalnya.

Banyak definisi belajar yang disampaikan oleh para ahli tentang teori belajar. Santrock dan Yussen dalam Sugihartono (2007:74) menyatakan bahwa belajar sebagai perubahan yang relatif permanen karena adanya pengalaman. Dengan kata lain belum dikatakan belajar jika belum terjadi perubahan terhadap individu tersebut.

Menurut Sugiharto, dkk (2007:80) mengatakan bahwa pembelajaran merupakan :

Setiap upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, mengorganisasi, dan menciptakan sistem lingkungan dengan berbagai metode sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara efektif dan efisien serta dengan hasil yang optimal.

Slameto (2003:2) mengemukakan bahwa pada dasarnya pembelajaran merupakan suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungan.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah setiap usaha yang dilakukan oleh pendidik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan agar siswa atau peserta didik dapat mengalami perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik.

Content Protection by DMCA.com
loading...

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.