Home » artikel tekno » Front panel pada komputer

Front panel pada komputer

Front panel pada komputer sebenarnya berbeda- beda tergantung merk dan seri mainboard. Hal ini disebabkan karena kebutuhan dan teknologi maoinboard yang semakin hari semakin berkembang. Coba lihat front panel pada PC tahun 90’an dengan PC 2010 ke atas.

Di PC tahun 90’an tidak ada panel USB dan panel audio di bagian depan cashing PC. Sedangkan di model PC saat ini, panel tersebut adalah panel yang cukup vital keberadaannya. Namun secara umum, ada persamaan di antara model lama dengan model baru. Yaitu pada tombol power, tombol reset, dan LED indikator.

Pin Front Panel

Pin Front panel terdapat di mainboard. Ada mainboard yang menyertakan petunjuk pemasangannya dan ada mainboard yang tidak ada petunjuknya. Untuk yang tidak ada petunjuk pinout-nya, kamu bisa lihat gambar di bawah ini.

front panel PC

Penampang front panel (piezaspc123.blogspot.com)

Perhatikan di samping pin 9 tidak ada pin male terpasang. Ini menjadi indikator agar kita tidak salah memposisikan pinout (tidak terbalik). Perhatikan juga warna kabel, kabel minus biasanya berwarna hitam, abu-abu, atau coklat.

Nah dengan gambar tersebut semoga bisa memperjelas pemasangan front panel pada komputer (PC). Sebagai catatan, kadang ada seri mainboard yang memiliki susunan berbeda, oleh karena itu lihat di buku manual yang disertakan ketika membeli mainboard. Semoga bermanfaat. Mohon tinggalkan komentar jika dirasa artikel ini bermanfaat.

loading...

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *