Home » artikel tekno » Sebelum membeli laptop,perhatikan hal- hal ini

Sebelum membeli laptop,perhatikan hal- hal ini

Komputer pada saat ini adalah salah satu benda yang wajib dimiliki atau minimal dikuasai baik dalam pendidikan maupun dalam pekerjaan. Muncul berbagai merk dan harga laptop pun ada beragam dari yang murah sampai yang mahal sekalipun. Pada artikel ini saya akan bagikan sedikit hal- hal yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop dan netbook. Berikut ini saya jabarkan secara mudah:

1. Prosesor

Prosesor adalah otak dari laptop, jadi semakin tinggi kecepatannya akan berpengaruh pada kecepatan pemrosesan. Kecepatan ini ditandai dengan satuan Hertz (Hz). Pada spesifikasi laptop yang akan dibeli pasti ada angka yang menunjukkan kecepatannya. Misal: intel i3 2,1 GHz, atau AMD A10 3,2 GHz. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat pula pemrosesannya.

2.RAM

RAM (Random Access Memory) berfungsi untuk menampung data yang sedang dijalankan. Jadi kalau tampungannya semakin besar, maka akan bisa makin banyak menjalankan banyak aplikasi/pemrosesan sekaligus.Kapasitas RAM diukur dengan satuan byte. Misalnya RAM 2 GB, 4GB dst..

Contoh mudahnya, jika menggunakan RAM 2GB, kita dapat membuka Ms Word sambil mendengarkan musik saja. Nah dengan RAM 4GB, kita dapat membuka Ms Word sambil mendengarkan musik, dan membuka browser sekaligus dengan lancar.

3. Hard disk

Hard disk berfungsi untuk menyimpan data. Berbeda dengan RAM, hard disk tidak menyimpan data yg sedang diproses tapi data hasil pemrosesan. Contoh mudahnya, ketika kita mengetik dokumen di Ms Word, pemrosesan itu tempatnya di RAM. Setelah kita lakukan save, maka data itu sudah ada dalam hard disk.

Content Protection by DMCA.com
Selamat membaca

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.