Home » tutorial » Mengatasi kontak hilang di android

Mengatasi kontak hilang di android

Di era modern seperti saat ini, kita terhubung dengan seseorang dengan berbagai jalur. Bisa dengan telp, juga sms,email, maupun sosial media. Karena itu, pasti di dalam smartphone kita terkandung kontak-kontak penting maupun tidak penting.

Jika suatu saat smartphone kita mengalami crash, tidak bisa masuk sistem operasi, atau yang lebih ekstrim misalnya smartphone kita hilang, apa yang akan kita lakukan dengan kontak yang ada di dalamnya?

Jika kontak-kontak itu menyangkut pelanggan usaha kita, atau suplier usaha kita, keluarga, teman kantor, tentu kehilangan kontak menjadi satu masalah yang sangat serius.

Untuk menghindari hal ini, saya bagikan tips sederhana agar kontak-kontak berharga kita tidak hilang meskipun hp kita hilang sekalipun. Okey kita mulai..

  1. Bukalah kontak, menu, kemudian pilih manage contact.
  2. Pilih copy contact untuk menyalin semua kontak di smartphone menjadi online.
  3. Setelah itu pilih dimana kontak yang akan dicopy. Misalnya kontak kita ada di kartu SIM, maka pilih SIM. Jika ada di smartphone, pilih device. Karena sebelumnya kontak saya sudah dipindah online, maka di device saya hanya tinggal 9 saja. Mungkin di smartphone anda masih ada puluhan bahkan ratusan.
  4. Selanjutnya akan ditanya “mau dicopy kemana?” Pilih akun utama anda saja.
  5. Pilih Yes, untuk langkah selanjutnya.
  6. Nah kontak sudah tersalin, tinggal kita synchronize atau kita upload kontak tadi ke google sehingga tidak hilang di kemudian hari. Caranya masuk setting, kemudian accounts, pilih google. Maka akan muncul akun google yang ada di smartphone kita. Pilihlah akun yang tadi sudah dipilih untuk menyalin kontak.
  7. Klik bagian contact 2x agar sistem memulai untuk upload kontak. Jika proses sudah berjalan, akan ada pemberitahuan “syncing now” seperti di bawah ini
  8. Setelah selesai, kontak anda sudah terupload dan aman.

Suatu saat ketika anda ganti smartphone, dengan email yg sama maka kontak otomatis akan masuk ke smartphone baru anda.

Sekian, semoga bermanfaat

Content Protection by DMCA.com
Selamat membaca

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.